ARTIKEL
SISTEM AC
Disusun Oleh : puji warsono
Kelas : XII TKR 3
No Absen : 24
SMK NEGERI 2 SRAGEN
TAHUN AJARAN 2013/2014
Jl.Dr.Soetomo
No.04 Telp/Fax (0271)891316 SRAGEN 57212
E-mail : smkn2sragen@yahoo.com Website : www.smkn2sragen.sch.id
TROUBLE SHOOTING KERUSAKAN AC
Di
bawah ini akan di gambarkan langkah-langkah dalam melakukan perbaikan (trouble shooting)
kerusakan AC. Langkah-langkah tersebut digambarkan dengan deretan kotak ke
bawah sedangkan diagnosa dan penyelesaiannya terdapat dalam kotak disampingnya.
1. Kompresor tidak beroperasi.
Cek fuse
kendaraan
|
Fuse putus
|
Ganti fuse
|
Cek A/C switch
|
Switch
tidak bekerja
|
Periksa
switch
|
Cek
kebocoran refrigerant
|
Refrigerant
bocor
|
Cek
setelah mengisi refrigrant
|
Cek
low-pressure switch
|
Switch
tidak bekerja
|
Ganti yang
rusak
|
Cek
evaporator sensor
|
Evaporator
sensor putus
|
|
Cek
pressure switch
|
Pressure
s/w rusak
|
Periksa
switch
|
Cek A/C
relay
|
Relay
rusak
|
Ganti
relay
|
Cek
magnetic coil
|
Field coil
rusak
|
Ganti
field coil
|
Tabel langkah perbaikan untuk
kerusakan Kompresor tidak beroperasi
2. Kompresor
bekerja ON dan OFF kembali saat AC bekerja.
LANGKAH –
LANGKAH PERBAIKAN
Kompresor bekerja ON dan OFF kembali saat AC bekerja
Cek refrigerant overcharging
|
Refrigerant overcharging
|
Recharge refrigerant lalu periksa ulang
|
Cek refrigerant lowcharging
|
Refrigerant lowrcharging
|
|
Cek pressure S/W
|
Switch berbunyi
|
Ganti switch
|
Cek sisi high pressure
|
System tersumbat
|
Ganti yang rusak
|
Tabel langkah perbaikan untuk
kerusakan Kompresor bekerja ON dan OFF saat AC bekerja
2. Kompresor tidak bekerja setelah AC dimatikan mendadak.
LANGKAH –LANGKAH
PERBAIKAN
Kompresor tidak bekerja setelah AC dimatikan mendadak
Cek water
temp sensor
|
Water temp
sensor rusak
|
Ganti
sensor
|
Cek temp
sensor pada compressor
|
Sensor
rusak
|
Ganti
sensor
|
Tabel langkah perbaikan untuk
kerusakan Kompresor tidak bekerja saat AC dimatikan
4. AC
berbunyi dan kompresor tidak bekerja saat AC bekerja.
LANGKAH –
LANGKAH PERBAIKAN
AC
berbunyi dan compressor tidak bekerja saat AC bekerja
Cek compressor
connector
|
Comp
connection rusak
|
Perbaiki
konektor
|
Terminal
bengkok
|
Perbaiki
kebengkokan
|
Langkah perbaikan untuk kerusakan AC
berbunyi dan Kompresor tidak bekerja
5. Motor
blower tidak beroperasi.
LANGKAH –
LANGKAH PERBAIKAN
Motor blower tidak beroperasi
No
|
LANGKAH
PEMERIKSAAN
|
KERUSAKAN
|
PERBAIKAN
|
1
|
Cek blower
fuse
|
Fuse putus
|
Ganti fuse
|
2
|
Cek blower
relay
|
Relay
rusak
|
Ganti
relay
|
3
|
Cek titik
hubungan blower S/W dan konektor
|
Hubungan
rusak
|
Ganti S/W
dan perbaiki connector
|
4
|
Cek B/W
motor connection
|
Hubungan
rusak
|
Perbaiki
connector
|
Gambar langkah perbaikan untuk Motor
Blower tidak bekerja
Sebab-Sebab AC Mobil Tidak
Dingin
AC mobil tidak dingin atau kurang
dingin,sebenarnya adalah relatif kenapa? Karena dingin atau tidaknya tergantung
dari suhu di luar kabin atau suhu di luar mobil. Kebanyakan perbedaan suhu di
luar dengan di dalam kabin memiliki selisih kira-kira 10 derajat celsius.
Dengan kata lain kalau suhu diluar kabin terukur 32 derajat celsius, maka sudah
cukup dingin kalau suhu di dalam kabin berkisar 20 sampai 22 derajat celsius.
Begitu pun ketika pengukuran
suhu di lakukan untuk ac mobil yang normal, ketika pengukuran di lakukan di
mobil yang sama pada malam hari.Suhu diluar menunjukan 26,8 derajat
celsius,ketika dilakukan pengukuran suhu di dalam kabin bisa mencapai 14 sampai
16 derajat celsius.
Biasanya pengukuran
suhu dilakukan di grill ac untuk mengetahui kapan saat temperatur cut off dari
kompressor ac seperti terlihat gambar berikut.
Cara mengukur suhu ac mobil
lewat grill ac
Sebab-sebab AC mobil tidak
dingin atau kurang dingin:
1.Freon kurang atau habis
Freon kurang terjadi
karena kebocoran yang terlalu kecil hanya pada tekanan tertentu,pada tekanan
tersebut ada kemungkinan bocor berhenti,sehingga freon tidak sampai habis tapi
pengaruhnya ac bisa kurang dingin.
2.Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator
yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada
kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak
sempurna.
3.Motor Cooling Fan Mati, Putaran lemah atau Putaran terbalik
Jika motor cooling fan terganggu,
putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak
berjalan dengan baik. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam
artian arah angin yang di hembuskan
mengarah kedepan mobil, kemungkinan ini bisa terjadi karena kurang teliti. Atau
karena motor cooling fan yang sama tidak di dapatkan di toko sparepart sehingga
menggunakan tipe lain.
4.Field Coil atau spul
magnetic clutch
Spul magnetic clutch jika mati,putus
atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli
kompressor ac yang berputar dengan mesin.
5.Tekanan dalam system AC berlebihan
Tekanan pada system ac berlebihan berkaitan dengan point 3 diatas akan
menyebabkan over heat pada system ac sehingga high pressure switch bekerja dan
memutus arus listrik ke Field Coil dari magnetic clutch.Atau untuk kompressor
ac yang di lengkapi temperature switch jika over heating terjadi maka
temperature switch yang tertanam di body kompressor bekerja dan memutus arus
listrik.
Penyebab lain ika tekanan dalam
sistem ac mobil berlebihan adalah freon terlalu penuh atau berlebihan sehingga
ac mobil tidak dingin.
6.Kelebihan oli kompressor
System Ac memiliki volume yang
tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang
artinya jika sebuah mobil sedan membutuhkan freon seberat 0,40 kg dengan
kelebihan oli kompressor maka jika 0,40 kg freon bisa masuk semua ke system ac,
akan menyebabkan tekanan berlebihan. Dan jika menyesuaikan tekanan agar sesuai dengan
spesifikasi standar harus mengurangi jumlah freon yang masuk,beruntung kalau
hasilnya ac kurang dingin. Karena terkadang tidak mau dingin sama sekali.
7.Kompressor Aus
Kompressor AC aus biasanya di tandai
dengan tekanan tidak normal,saling berkaitan jika kompressor Ac aus, sigh glass
terlihat hitam,receiver driyer buntu atau expansi valve tersumbat yang
masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.
8.Thermistor cooler berubah nilainya
Thermistor cooler merupakan peraba
suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan
temperatur kemudian di teruskan ke AC amplifier untuk mengatur waktu cut off
dari kompressor.
9.Evaporator Kotor
Kotor di evaporator lebih banyak
disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan
evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.Info lengkap evaporator
kotor bisa lihat disini atau penyebab evaporator beku.
10.Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat
Dengan tersumbatnya saluran buang
air kondensasi, rumah evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes
di bawah dashboard membasahi karpet mobil. Dengan air kondensasi memenuhi rumah
evap mengakibatkan aliran udara dari blower tersumbat.
Bau di AC Mobil atau AC
Mobil Bau
Ac mobil rawan dengan tikus yang
masuk ke dalam rumah evaporator atau rumah blower, terutama jika sirkulasi
udara luar di buka saat mobil sedang parkir di bagasi dan terdapat lubang yang
cukup bagi tikus untuk masuk dari ruang mesin.
Untuk mendeteksi tikus sangat mudah, karena biasanya tikus akan memakan busa-busa yang menempel di rumah blower, busa tersebut akan terhisap oleh blower dan akhirnya akan menyumbat saluran buang air kondensasi.
Penyebab bau yang biasa di temukan pada ac mobil :
·
Bau bekas
parfum yang ada di grill ac mobil, jika kita memiliki kebiasaan menaruh parfum
di grill ac, bau parfum yang tidak enak biasanya akan tercium kalau parfum yang
menempel sudah lama dan mengering.
·
Bau
yang terjadi karena kebocoran freon dari evaporator dan bau freon ini khas.
·
Bau karena
ac kurang dingin - ac kurang dingin juga menyebabkan bau yang bisa di cium dari
hembusan angin ac, hal ini di karenakan evaporator yang kotor.
·
aAc Mobil Bau yang di sebabkan karena ac mobil sudah lama tidak
hidup, meskipun kondisi evaporator bersih, bau yang ini bisa tercium saat
pertama kali ac mobil di hidupkan, tetapi lama-kelamaan bau akan hilang dengan
sendirinya jika ac sudah lama hidup dan dingin.
Kenapa Evaporator Beku
Gambar
disamping adalah contoh evaporator yang kotor karena debu atau kotoran yang
melekat dan menjadi penyebab AC tidak dingin, selain hembusan angin kurang
kencang karena terhalang oleh debu, juga menyebabkan bau tidak sedap.
Untuk mengetahui evaporator kotor,
selain hembusan angin yang lemah bisa diperiksa dengan mudah dengan cara
hidupkan blower angin AC pada kecepatan maksimal, maka akan terdengar suara
angin yang tertahan.
Debu akan menyebabkan evaporator beku dan angin tidak
keluar karena terhalang gumpalan es di evaporator.
Kenapa demikian:
1.
Kotoran
seperti gambar di atas akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor
cooler ac di evaporator dari hembusan angin dari blower, seperti gambar di
bawah, sehingga temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk
memberikan signal cut off ke kompressor ac tidak tercapai.
2.
Kalau
temperatur kerja tidak tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan
kerja terus menerus.
3.
Dengan
bekerja terus menerus tanpa on/off dari kompressor mulai terbentuk
gumpalan es di evaporator dan menghalangi aliran udara dari blower.
4.
Kompressor
AC yang bekerja terus menerus akan menyebabkan panas berlebihan pada system ac
dan bisa mengakibatkan rusak komponen AC salah satunya yang akan rusak adalah
spull magnetic clutch.
Perlu
dilakukan pembersihan evaporator secara berkala untuk mencegah hal tersebut
diatas terjadi dan memasang filter kabin atau filter evap, karena kotoran atau
debu dari kabin yang dihisap blower akan tertahan di filter tersebut, ini untuk
kendaraan yang belum di lengkapi filter kabin.
Air Ac Masuk ke Kabin
Peristiwa kondensasi di permukaan
evaporator menghasilkan air dan air akan menggenangi rumah evaporator, jika
drain hose atau saluran buang air kondensasi buntu atau tersumbat, dengan
ditandai air tidak terlihat menetes saat ac mobil hidup, dengan kata lain air
akan terlihat menetes di bawah mobil kalau drain hose tidak tersumbat.
Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.
Akibatnya permukaan luar rumah evaporator mengeluarkan embun yang berlebihan dan terkumpul menjadi titik air yang menetes dan membasahi karpet mobil.
Air AC Menetes di Bawah
Dashboard
Kalau rumah evap terdapat
lubang atau celah, saat saluran buang air kondensasi buntu air yang menggenang
akan langsung menetes dan air masuk ke dalam kabin terlihat di bawah dashbard.
Beberapa penyebab tersumbat saluran buang air kondensasi:
Beberapa penyebab tersumbat saluran buang air kondensasi:
·
Masuk
tikus dan memakan busa yang ada di dumper sirkulasi udara luar, potongan busa
dihisap blower, masuk ke evap,jika ac mobil tidak di lengkapi filter evap, atau
·
Kotoran
atau daun kering terhisap blower
·
Evaporator
kotor dan sering terbentuk lendir atau semacam gel tidak bisa cair dan
menyumbat saluran buang jika jatuh dan tidak menempel di evap.
Apa yang perlu di lakukan
jika saluran buang air kondensasi tersumbat? Bisa di lakukan sendiri tanpa
harus pergi ke bengkel service ac mobil. Periksa saluran buang seperti gambar
dibawah, jika tersumbat, saat hidupkan blower ac tidak terasa hembusan angin
dari slang.
Ambil lidi atau benda lentur jangan
pakai kawat atau semacamnya kemudian masukan dari luar slang saluran buang,
kalau saluran buang pendek seperti gambar di bawah,lokasi saluran buang berada
di ruang mesin posisi dekat dengan evaporator dan air bersama kotoran akan
keluar, lebih baik lagi dibantu dengan hidupkan blower, setel kecepatan
maksimal agar membantu mendorong kotoran keluar atau menggunakan kompressor
angin bertekanan untuk mendorong kotoran yang menyumbat.
Jika saluran buang panjang seperti gambar di bawah, bisa
di lakukan dengan angin bertekanan atau melepas slang dari rumah evaporator.
Dengan melepas slang saluran buang
dari rumah evaporator akan membuat air yang terkumpul di rumah evap jatuh ke
karpet dan membuat basah, karena kalau saluran buang buntu atau tersumbat, bisa
lebih satu liter air hasil kondensasi terkumpul. Tetapi kalau di lakukan dengan
hati-hati dibuatkan tempat untuk menampung air agar tidak membasahi karpet,
akan lebih baik.
Beberapa Hal Penyebab AC
Mati Tiba-Tiba
Beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa ac mobil mati tiba-tiba adalah:
·
Kehabisan
freon : Jika kehabisan freon
karena terjadi bocor di sistem ac secara otomatis low pressure switch akan
bekerja dan memutus arus listrik menuju magnetic clutch,sehingga kompressor
berhenti.
·
Motor
Cooling fan mati : Jika motor cooling fan
elektrik mati atau tidak berputar sehingga panas kondensor ac tidak dapat di buang,menyebabkan
tekanan di kondensor naik atau suhu berlebihan memicu high pressure switch
bekerja untuk memutus arus listrik ke magnetic clutch atau sensor temperatur
kompressor bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch.
·
Field Coil
Magnetic Clutch Putus :sudah jelas jika field coil
magnetic clutch putus maka kompressor ac tidak berputar, yang berputar bersama
putaran mesin hanya puli kompressor.
·
Sekring ac
putus :sekring ac putus biasanya
di sebabkan oleh konslet terjadi di dalam spull magnet atau field coil magnetic
clutch dengan rumah gulungan atau konslet di antara gulungan sendiri sehingga
arus listrik mengalir terlalu besar atau mungkin disebabkan sekering ac longgar
silakan lihat di fungsi sekring mobil
·
Kompressor
ac macet : kompressor ac macet biasa di sebabkan karena kekurangan oli
kompressor atau kompressor sudah aus biasa nya di sertai kompressor bunyi
kasar. Terkait kompressor ac mobil yang macet bisa juga di sebabkan oleh
bearing puli kompressor rusak.
·
V-belt
Putus : v-belt putus membuat puli kompressor ac tidak terhubung dengan putaran
mesin dan biasanya juga di sertai beberapa komponen yang terhubung dengan
v-belt tersebut juga tidak bekerja di antaranya alternator atau water pump
Udara Luar Masuk Kabin
Saat dalam kabin mobil, pernah
mencium bau asap dari luar baik asap dari kendaraan di depan atau asap
terbakarnya oli jika ada oli bocor dan terkena panas mesin.
Dalam Ac
mobil terdapat aktuator yang memberi kita pilihan untuk menggunakan sirkulasi
udara luar atau sirkulasi udara dalam kabin. Jika menggunakan pilihan sirkulasi
udara luar maka udara luar akan dihisap oleh blower masuk ke evaporator
keluar lewat grill ac di dashboard.
Tidak semua jenis mobil
memiliki aktuator untuk sirkulasi udara luar dengan mempertimbangankan ukuran kabin.
Terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator atau filter evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebab ac kurang dingin.
Terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar akan mempercepat evaporator atau filter evaporator kotor. Pemakaian sirkulasi udara luar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebab ac kurang dingin.
Udara luar atau asap yang
masuk kedalam kabin akan mengganggu dengan bau tidak enak, jika aktuator sudah
dipilih untuk sirkulasi udara dalam kabin, tetapi asap masih tetap bisa masuk
ada kemungkinan terdapat lubang tidak tertutup di antara ruang mesin dan kabin.
Atau aktuator untuk sirkulasi udara luar tidak bisa menutup dengan baik.
Beberapa tempat atau lubang yang perlu diperiksa :
Beberapa tempat atau lubang yang perlu diperiksa :
·
Lubang
untuk jalur kabel dari ruang mesin ke kabin
·
Lubang
untuk shaft steer
·
Lubang
untuk pipa ac menuju evaporator atau pipa heater
·
Lubang
untuk saluran buang air kondensasi
Saat Berhenti Ac Dingin Saat
Jalan Ac Panas
Judul sedikit aneh dan
mungkin kurang bisa di terima oleh analisa, kenapa? Karena pada kebanyakan
permasalahan ac mobil adalah sebaliknya yaitu "saat berhenti ac panas saat
mobil jalan ac dingin".
Saat berhenti ac mobil panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
Saat berhenti ac mobil panas tetapi saat jalan ac mobil dingin disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
·
Kondensor
kotor sehingga pendinginan kondensor kurang saat mobil berhenti lihat
posting prinsip kerja kondensor ac.
·
Kemampuan
kompressor untuk memompa freon sudah tidak maksimal biasanya dibarengi bunyi
kompressor kasar, sehingga hanya saat putaran mesin tinggi kompressor bisa
bekerja dengan baik.
Kembali ke
judul posting, ketika di beritahu keluhan ac, kenapa tidak dingin ? Pemilik
menjelaskan setiap berhenti mobil sambil hidupkan ac, ac mobil dingin tetapi
ketika dipakai jalan, hilang hawa dingin dari grill ac di dashboard. Harus
matikan dulu ac mobil dan hidupkan lagi, setelah itu ac normal kembali.
Setelah
mengikuti yang di beritahukan pemilik mobil, memang ternyata benar ac mobil
saat dalam kondisi mobil diam ditempat ac dingin, tetapi saat di pakai jalan
sehabis diam hilang hawa dingin dari grill ac.
Sambil
perhatikan dengan seksama di bantu kemampuan analisa bisa diambil kesimpulan
bahwa saat di pakai jalan sehabis berhenti on dan off kompressor terlalu cepat
kurang dari 6 detik, lebih cepat daripada saat mobil kondisi berhenti.
Masalahnya sudah jelas, thermistor cooler terlalu cepat memberi sinyal cut
off kompressor ac.
Akhirnya
apa yang dilakukan? setelah periksa semua sistem pendukung ac diperiksa bekerja
dengan baik, termasuk jumlah freon cukup, kenapa jumlah freon ada hubungan nya
ya dengan on/off kompressor?
Ya memang
ada hubungan antara jumlah freon dengan kecepatan dari on/off kompressor,
kompressor akan lebih cepat on /off kalau isi freon sekitar 80% dari kapasitas
maksimal dalam satu mobil dan punya hubungan istimewa dengan thermistor cooler
atau peraba suhu di evaporator, mungkin yang ini akan di bahas di posting
terpisah.
Setelah
diketahui masalahnya sudah jelas yaitu thermistor cooler terlalu cepat
memberi sinyal cut off ke kompressor ac, lihat posting modifikasi thermistor
cooler ac mobil dan akhirnya di lakukan cara yang sama, tetapi dengan
ukuran atau nilai resistor yang berbeda dan hasilnya ac mobil normal kembali.
Perlu di ingat siapa yang
melakukan pengukuran dengan kesadaran penuh dan pengetahuan akan terhindar dari
kecelakaan.
Penyebab Kondensor Ac
Terlalu Panas
Sebelumnya silakan lihat
entri cara kerja kondensor ac mobil,kondensor ac mobil yang terlalu panas di
sebabkan oleh beberapa hal,yang intinya kemampuan kipas kondensor atau
condenser fan tidak bisa membuang panas dengan baik.
Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.Silakan lihat cara kerja kondensor ac mobil.
Jika kondensor ac mobil terasa panas tetapi udara di dalam kabin terasa dingin berati pula tidak ada masalah dengan panasnya kondensor ac,hal sebaliknya jika kondensor ac terlalu panas dan menyebabkan udara di dalam kabin kurang dingin atau ac kurang dingin,harus di cari tahu penyebabnya.
Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kondensor ac mobil terlalu panas dan biasanya di sertai dengan ac mobil kurang dingin:
Sebenarnya panas yang ada di kondensor adalah wajar karena gas refrigerant yang di pompa oleh kompresor ac.Tetapi terdapat bagian yang sangat panas dan tidak sanggup di sentuh oleh tangan jika kompressor sedang bekerja yaitu pada bagian inlet yang langsung menerima gas refrigerant bertekanan dari kompressor ac.Silakan lihat cara kerja kondensor ac mobil.
Jika kondensor ac mobil terasa panas tetapi udara di dalam kabin terasa dingin berati pula tidak ada masalah dengan panasnya kondensor ac,hal sebaliknya jika kondensor ac terlalu panas dan menyebabkan udara di dalam kabin kurang dingin atau ac kurang dingin,harus di cari tahu penyebabnya.
Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kondensor ac mobil terlalu panas dan biasanya di sertai dengan ac mobil kurang dingin:
1.
Kelebihan
freon yang membuat tekanan dan panas naik.
2.
Kelebihan
oli kompresor juga menyebabkan tekanan dan panas naik
3.
Kondisi
kondensor kotor karena debu serta kotoran yang di hisap kipas kondensor atau
kipas radiator terjebak dalam sirip pendingin atau fins.
4.
Hisapan
angin atau hembusan angin kurang dari kipas kondensor dan atau kipas radiator
yang bisa disebabkan karena motor fan mau rusak.Hisapan artinya jika kipas
kondensor dan atau kipas radiator berada di belakang kondensor dan
radiator.Hembusan berarti jika kondensor menggunakan extra fan yang terletak di
depan kondensor.
5.
Jika
menggunakan extra fan artinya kipas tersendiri untuk mendinginkan
kondensor,kemungkinan kipas putaran sudah lemah sehingga kurang mampu
mendinginkan atau membuang panas kondensor ac atau mungkin fan kondensor mati.
Penyebab Angin AC Mobil Tidak Keluar
Angin ac mobil tidak
keluar - Mungkin di antara pemilik mobil,pernah mengalami kalau angin ac mobil
nya tidak keluar atau angin ac yang keluar kecil dari dashboard ac mobil.Dari
pengalaman selama ini ada dua macam angin ac mobil tidak keluar.
1.Dari awal ac hidup memang sudah tidak keluar angin
2.Awal ac hidup ada keluar angin tetapi lama-kelamaan angin tidak keluar
Tentu saja dari kedua hal di atas masing-masing berbeda penyebabnya.
Untuk kondisi pada point pertama sudah jelas masalah ada di system elektrikal,berikut troubleshoting untuk mencari penyebab dan mengatasinya.
1.Dari awal ac hidup memang sudah tidak keluar angin
2.Awal ac hidup ada keluar angin tetapi lama-kelamaan angin tidak keluar
Tentu saja dari kedua hal di atas masing-masing berbeda penyebabnya.
Untuk kondisi pada point pertama sudah jelas masalah ada di system elektrikal,berikut troubleshoting untuk mencari penyebab dan mengatasinya.
1.Periksa sekring yang
berada di rumah fuse,akan lebih enak kalau fungsi sekring masih tertulis misal
di tutup kotak sekring karena tidak perlu meraba sekring mana yang
putus,tinggal di cari sekring AC-Blower atau ada mobil menggunakan nama
sekring Heater.
2.Langkah berikutnya periksa voltase atau tegangan di blower
3.Setelah di cek kalau ternyata ada voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.
2.Langkah berikutnya periksa voltase atau tegangan di blower
3.Setelah di cek kalau ternyata ada voltase atau tegangan di blower dari sini sudah bisa ditebak komponen yang memang rawan untuk rusak yaitu resistor blower.
Lain lagi masalahnya kalau
angin ac mobil keluar tetapi lama-kelamaan berhenti keluar lewat grill ac di
dashboard.
Yang sering ditemui kalau hal ini
terjadi biasanya di sebabkan karena evaporator yang kotor, kotornya evaporator
selain menghalangi aliran udara yang bisa dicek menggunakan airflow meter juga
akan mempengaruhi cut off dari kompressor ac.Karena sensor temperatur di evap
tidak akan tercapai suhu cut off.
Kalau hal ini teradi kompressor ac
akan terus bekerja,lama kelamaan terbentuk gumpalan- gumpalan es di evaporator
yang berakibat menghalangi hembusan udara dari blower.Sehingga angin tidak
keluar dari grill ac didashboard,tetapi kalau didengarkan ada suara angin di
dalam dashboard yang mengendap.
Untuk permasalahan seperti ini bisa
di lakukan tindakan sementara,yaitu setel suhu pengaturan pada posisi minimal
artinya sama dengan mematikan kompressor ac terus arahkan kecepatan angin pada
posisi maksimum supaya gumpalan es di evaporator mencair.Begitu es sudah
mencair angin perlahan akan keluar lewat grill ac.
Untuk mencegah hal diatas terjadi
saat menghidupkan ac usahakan setel temperatur kira-kira 3/4 dari setelan suhu
aksimum (lihat gambar di bawah pada bagian temp) atau ambil posisi maksimum di
mana kompressor ac mau untuk on dan off secara otomatis.
Tentu saja kalau evaporator ac sudah
kotor langkahnya adalah di lakukan pembersihan,kalau untuk ac mobil yang belum
di lengkapi dengan saringan evap lebih baik lagi kalau di buat atau di
pasang saringan evap atau filter kabin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar